SILABUS PEMBELAJARAN PRAMUKA PENGGALANG
BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO. 12 TAHUN 2010
BIDANG PENGEMB.
|
TINGKATAN PENGGALANG
|
FINAL
|
METODE
|
KEGIATAN
|
||
RAMU
|
RAKIT
|
TERAP
|
||||
FISIK
|
Memiliki pengetahuan
membentuk tubuh yang kuat, menjaga kesehatan pribadi dan
lingkungannya serta mengetahui perubahan yang terjadi pada
perkembangan fisik maupun psikisnya.
|
Melakukan kegiatan memelihara pertumbuhan dan perkembangan tubuh (fisik dan psikis), menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan secara teratur
dengan baik.
|
Mampu menjelaskan kegiatan
memelihara pertumbuhan dan
perkembangan tubuh (fisik dan psikis),
menjaga kesehatan pribadi serta
lingkungan secara teratur dengan baik.
|
Mampu menjelaskan perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan tubuh
(fisik dan psikis), termasuk kesehatan lingkungan.
|
|
|
SKU
|
1.
Selalu
berpakaian rapi dan memelihara kesehatan dan kebersihan diri serta
lingkungannya
|
1. Selalu berpakaian rapi di setiap saat dan memelihara kesehatan dan
kebersihan diri dan lingkungannya
|
1. Selalu berpakaian rapi di setiap saat dan manjadi contoh bagi
teman-temannya untuk memelihara kesehatan dan kebersihan diri dan
lingkungannya
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Pemeriksaan
kerapihan dan kebersihan pakaian
|
2. Dapat baris-berbaris
|
2. Dapat memimpin regunya untuk baris berbaris
|
2. Dapat memimpin dan melatih baris bebaris di
Pasukannya
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Demonstrasi
baris-berbaris
-
Latihan
baris-berbaris
-
Lomba berbaris tiap
regu
-
Pelaksanaan berbaris
pada upacara bendera hari Senin
|
|
3.
Dapat menjelaskan
minimal 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah
satunya: olah raga Renang
|
3. Dapat melaksanakan olahraga beregu dan melakukan 3
jenis cabang olah raga serta tahu permainannya; salah satunya Olah raga
renang.
|
3. Dapat melaksanakan olahraga beregu dan melakukan 3
(tiga) jenis cabang olah raga serta tahu aturan permainannya; salah satunya
olah raga renang
|
|
- Demonstrasi
|
-
Main Bulu
Tangkis, Tennis Meja, Sepak Bola, Volly ball, Senam Pramuka dan Renang
(diarahkan
pada guru olahraga/orang yang kompeten dibidangnya)
|
|
4. Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh
|
4. Dapat menjelaskan adanya perbedaan perkembangan
fisik tubuh
|
4. Dapat mengatasi adanya perubahan perkembangan fisik
tubuh
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Penugasan
|
-
Diskusi tentang pertumbuhan manusia
-
Diskusi tentang perkembangan manusia.
|
|
5. Melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30
menit
|
5. Melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 45
menit
|
5. Dapat menjelaskan manfaat dan melakukan aktifitas
fisik tiap hari sedikitnya 45 menit
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
|
- Melaksanakan kebersihan sekolah dan lingkungan
- Menyapu, megepel, aktivitas lainnya.
|
BIDANG PENGEMB.
|
TINGKATAN PENGGALANG
|
FINAL
|
METODE
|
KEGIATAN
|
||
RAMU
|
RAKIT
|
TERAP
|
||||
INTELEKTUAL
|
Memahami
pentingnya perkembangan iptek, dan
ketrampilan kepramukaan
|
Dapat
menjelaskan perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan, serta
memanfaatkannya.
|
Dapat mengaplikasikan iptek, dan
keterampilan kepramukaan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari
|
Mampu menganalisis situasi dan
menyikapinya serta mengaplikasikan iptek, dan ketrampilan kepramukaan secara
kreatif dan inovatif.
|
|
|
SKU
|
6.
Dapat
menyebutkan dan menjelaskan manfaat
minimal 2 jenis alat teknologi informasi modern
|
6.
Dapat
mengoperasikan dan merawat salah satu teknologi informasi
|
6.
Dapat
mengajarkan penggunaan teknologi informasi minimal 2 jenis kepada teman
sebaya
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
- Telepon, HP, Simulasi berkomunikasi
- Praktek penggunaan alat TIK
|
7.
Mengenal dan
memilah sampah
|
7.
Dapat
mengolah sampah
|
7.
Ikut mensosialisasikan
cara pengolahan sampah
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Membuang
sampah pada tempatnya sesuai dengan jenisnya
-
Praktek peng. sampah
|
|
8.
Dapat
menjelaskan teknik penjernihan air
|
8.
Dapat
melakukan proses penjernihan air
|
8.
Dapat mensosialisaikan
cara penjernihan air
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Membuat alat
penjernihan air sederhana
-
Praktek
penjernihan air
|
|
9.
Dapat membuat
dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul
pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat
|
9.
Dapat membuat
beberapa jenis pioneering, seperti:
- rak piring - menara kaki tiga - meja makan - tiang jemuran |
9.
Dapat membuat
pioneering:
- jembatan sederhana - menara pandang sederhana |
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Praktek
Pioneering
-
Praktek dan
lomba membuat pioneering
|
|
|
10.
Dapat
menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar
|
10.
Dapat
menggunakan kompas dan membuat Peta Pita, manaksir kecepatan arus dan
kedalaman
|
10.
Dapat membuat
peta perjalanan, peta lapangan,
menjelaskan rumus menaksir: tinggi, lebar, kecepatan dan kedalaman
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Penjelajahan
-
Praktek
lapangan
|
|
11.
Mengenal
macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore
|
11.
Dapat membuat
dan menerjemahkan sandi, menerima berita dengan menggunakan bahasa morse dan
semaphore
|
11.
Dapat
menerima dan mengirim berita dengan menggunakan bendera morse dan semaphore
serta dapat membuat sandi hasil kreasi pribadi lengkap dengan kuncinya
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Praktek
lapangan
|
BIDANG PENGEMB.
|
TINGKATAN PENGGALANG
|
FINAL
|
METODE
|
KEGIATAN
|
||
RAMU
|
RAKIT
|
TERAP
|
||||
SOSIAL
|
Menerima dan
mematuhi peraturan yang di ciptakan
masyarakat dengan rasa tanggung jawab.
|
Melaksanakan
norma-norma dan nilai-nilai, yang berada di masyarakat lingkungannya
|
berperan aktif membantu masyarakat untuk terlaksananya kehidupan yang rukun dan damai.
|
Mampu menerima dan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma
dan nilai-nilai yang berada di masyarakat lingkungannya
|
|
|
SKU
|
12.
Mengetahui
dan dapat menjelaskan manfaat dari
penghijauan
|
12.
Melakukan
kegiatan penghijauan di lingkungannya atau didaerah lainnya
|
12.
Mengajak
teman sebaya/regunya untuk melakukan kegiatan penghijauan dan memelihara di
lingkungannya atau di daerah lain
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
- Membuat pembibitan pohon
- Menanam Pohon
- Bakti masyarakat penanaman dan pemeliharaan pohon
|
13.
Tahu dan
memahami tentang hak perlindungan anak
|
13.
Dapat
menjelaskan tentang hak perlindungan anak
|
13.
Dapat
mensosialisasikan kepada teman sebaya tentang hak perlindungan anak.
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Diskusi
tentang perlindungan anak
-
Sosiodrama
|
|
14.
Ikut serta
dalam kegiatan Perkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai standar perkemahan
|
14.
Ikut serta
dalam kegiatan LT dan lomba-lomba Pramuka Penggalang, di Gugusdepannya
|
14.
Ikut serta
dalam kegiatan Jambore atau sejenisnya
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Persami,
-
Perjusami,
-
Jambore,
-
LT,
-
Kemah bakti
|
|
15.
Dapat
menyebutkan tanda-tanda pengenal
Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya
|
15.
Dapat
menggunakan tanda pengenal gerakan pramuka dengan benar
|
15.
Dapat
menjelaskan tanda- tanda pengenal
Gerakan pramuka
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Kim
Penglihatan,
-
Kim Raba
-
Demontrasi
penggunaan tanda-tanda pengenal Gerakan Pramuka
|
|
16.
Mengetahui
nama ketua RT hingga Lurah atau setingkatnya di tempat tinggalnya
|
16.
Dapat membuat
struktur Pemerintahan dari tingkat Kelurahan/ sejenisnya hingga RT di tempat
tinggalnya
|
16.
Dapat
menjelaskan tugas dan fungsi seorang Kepala Desa/Lurah, Camat,
Bupati/Walikota
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Penugasan
Lapangan
-
Kunjungan dan
wawancara
|
|
17.
Tahu dan
hafal Kode Kehormatan Pramuka Penggalang
|
17.
Mengamalkan
Kode Kehormatan Pramuka Penggalang
|
17.
Dapat
mengajak regu dan pasukannya untuk senantiasa mengamalkan kode kehormatan
Pramuka Penggalang
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Latihan
Rutin,
-
Berkemah,
-
Upacara,
-
Aksi Peduli
|
|
|
18.
Rajin dan
giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan
berturut-turut
|
18.
Rajin dan
giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 10 kali latihan
berturut-turut
|
18.
Rajin dan
giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 12 kali latihan
berturut-turut
|
|
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Latihan Rutin
-
Mengisi daftar hadir
|
19.
Tahu tentang
Salam Pramuka, Motto dan tahu arti Lambang Gerakan Pramuka
|
19.
Dapat
melakukan salam Pramuka secara tepat dan benar
|
19.
Dapat
menjelaskan penggunaan Salam Pramuka dilakukan
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Demonstrasi
|
|
20.
Dapat menjelaskan
sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih
|
20.
Dapat
mengibarkan dan menurunkan bendera sang merah putih pada upacara pembukaan
dan penutupan latihan
|
20.
Dapat
mengibarkan dan menurunkan bendera sang merah putih pada upacara hari-hari
besar nasional atau sejenisnya
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
- Upacara Pembukaan dan Penutupan latihan.
- Upacara Lainnya
|
|
21.
Dapat
menjelaskan sejarah dan dapat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
dengan sikap yang benar
|
21.
Dapat menyanyikan
lagu Indonesia Raya bait ke-1 dan bait ke-2 serta dapat memimpin lagu
Indonesia Raya didepan pasukannya dengan benar
|
21.
Dapat
memimpin lagu Indonesia Raya didepan orang lain pada suatu upacara
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Praktek Memimpin
lagu dalam Upacara
|
|
22.
Dapat
menjelaskan tentang lambang Negara RI
|
22.
Dapat
menjelaskan tentang lambang Negara RI,
kepada teman dipasukannya dan teman
sebaya lainnya
|
22.
Dapat
menjelaskan Lambang Negara RI kepada masyarakat
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Demonstrasi Puzzle / menempel
gambar Garuda
|
|
23.
Dapat
menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
23.
Berbahasa
Indonesia yang baik dan benar dalam pertemuan-pertemuan Penggalang
|
23.
Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan
benar dalam pertemuan resmi.
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Mengaplikasikan berbahasa Indonesia
|
|
24.
Menabung
secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari
usahanya sendiri
|
24.
Memiliki buku
tabungan dan aktif menabung dan setia membayar uang iuran regunya dari hasil
pendapatannya sendiri
|
24.
Dapat
menjelaskan manfaat menabung dan membayar uang iuran kepada anggota
regunya/pasukan serta mengajak untuk melakukan gemar menabung
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
- Menabung
- Membayar Iuran
|
BIDANG PENGEMB.
|
TINGKATAN PENGGALANG
|
FINAL
|
METODE
|
KEGIATAN
|
||
RAMU
|
RAKIT
|
TERAP
|
||||
EMOSIONAL
|
mengenal dan
menerima berbagai perasaan serta emosi.
|
dapat
mengendalikan emosi dan menghargai perasaaan orang lain
|
Dapat mengendalikan emosi diri,
dan lingkungannya serta mengidentifikasi penyebab timbulnya emosi.
|
Dapat mengelola emosi dan perasaannya untuk kestabilan dirinya
|
|
|
SKU
|
25.
Dapat
menjelaskan tentang Emosi
|
25.
dapat
mengendalikan emosi
|
25.
Dapat
mengendalikan Emosi teman sebaya
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
- Diskusi Kelompok,
- Forum Penggalang
|
26.
Dapat
menyampaikan pendapat dengan baik dalam suatu pertemuan Pasukan Penggalang
|
26.
Menghargai pendapat
orang lain dalam pertemuan Pasukan Penggalang.
|
26.
Dapat
memimpin pertemuan Pasukan Penggalang
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Forum
Penggalang,
-
Musyawarah
regu
|
BIDANG PENGEMB.
|
TINGKATAN PENGGALANG
|
FINAL
|
METODE
|
KEGIATAN
|
||
RAMU
|
RAKIT
|
TERAP
|
||||
SPIRITUAL
|
Dapat
melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan atas kemauan sendiri
dan mengetahui adanya perbedaan keyakinan
|
Meningkatkan
keimanannya dan berperan aktif dalam kegiatan keagamaannya serta menerima adanya
perbedaan keyakinan.
|
Menghormati adanya perbedaan keyakinan dan Ikut serta membantu masyarakat
untuk menciptakan kehidupan beragama yang harmonis dan menciptakan kerukunan
antar umat beragama
|
Taat beribadah sesuai agama dan kepercayaannya dan mampu hidup rukun
dalam keberagaman tanpa adanya diskriminasi.
|
|
|
SKU
|
27.
Taat
menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaah
|
27.
Taat menjalankan ibadah sesuai agamanya dan mengingatkan
orang lain untuk beribadah
|
27.
Taat
menjalankan ibadah sesuai agamanya dan mengajak orang lain untuk beribadah
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
- Praktek melaksanakan
kegiatan keagamaan
|
28.
Mengetahui
dan dapat menjelaskan hari - hari besar agamanya
|
28. Mengikuti acara-acara keagamaan sesuai
dengan agamanya.
|
28.
Berperan
aktif dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan baik dalam Gerakan Pramuka
maupun di masyarakat
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
- Praktek dan mengikuti peringatan hari - hari besar agama sesuai agamanya
masing - masing
|
|
29.
Dapat
menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnya
|
29.
Dapat menjelaskan salah satu contoh bentuk toleransi antar umat
beragama
|
29.
Dapat mengajak teman / orang lain untuk berlaku toleran antar umat
beragama
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Silahturami
atar umat beragama
|
|
|
30.
Dapat
menjalankan agamanya: 1) dapat melakukan mandi wajib dan
mengerti penyebabnya; 2) melakukan sholat berjamaah; 3) Hafal 5 (lima) macam
doa harian dan hafal 5 (lima) surat - surat pendek.
|
30. Dapat memimpin doa untuk regu/pasukannya: 1) Hafal dan dapat membaca 8 (delapan) doa
harian dan 8 (delapan) surat surat pendek; 2)
Dapat menceriterakan Sejarah Nabi Muhammad SAW; 3)Selalu melaksanakan
shalat Jumat
|
30. Dapat memimpin doa untuk pasukannya atau masyarakat sekitar : 1)
Dapat bertindak sebagai Imam dalam sholat berjamaah di perkemahan; 2) hafal
10 (sepuluh) doa harian dan hafal 10 (sepuluh) surat pendek ; 3) dapat
memimpin doa; 4) Selalu melaksanakan shalat berjamaah di Masjid
|
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
|
-
Kegiatan diserahkan kepada Guru PAI atau Pemuka Agama
|
Mengetahui/Menyetujui;
Mabigus,
Hj. APONG
SUKARSIH, S.Pd.
NTA.
|
Cibala, Juli 2014
Pembina,
DIAN SUTIONO,
S.Pd.
NTA.
0911020210052
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar